Jumat, 07 Agustus 2009

Penggolongan Komputer

Beberapa tahun lalu, penggolongan komputer dilakukan atas dasar besarnya RAM yang ada tiap komputer. Waktu itu, komputer yang memiliki memori atau RAM antara 512 KB hingga 1 MB disebut dengan Komputer Mikro dan yang memiliki RAM lebih dari 1 MB disebut Komputer Mini. Penggolongan seperti ini sekarang tidak tepat lagi, karena komputer sakupun sekarang sudah banyak yang memiliki RAM lebih besar dari 1 MB. ( 1 MB = 1.024 KB).
Penggolongan jenis-jenis komputer yang lebih tepat adalah berdasarkan jenis prosesor yang ada pada komputer, karena kemampuan kerja komputer ditentukan oleh kemampuan prosesornya, semakin tinggi jenis prosesor yang digunakan, maka semakin tinggi pulalah kinerja dari komputer tersebut. Penggolongan komputer berdasarkan criteria lain masih dimungkinkan, misalnya : berdasarkan ukuran fisik, system operasi, dan jenis data yang diolah.
Generasi : I (1946 - 1959), II (1960 - 1965), III (1966 - 1970), IV (1971 - sekarang), V (Pemanfaat teknologi Artificial Inteligence (AI)
Prosesor : Mainframe, Minikomputer, IBM compatible atau PC, Macintosh
Bentuk dan ukuran Fisik Tower, Desktop, Portable, Laptop, Komputer, Notebook, Sub notebook (handbook), Palmtop (handheld)
Sistem Operasi : Unix, Netware, DOS, OS/2, Windosw NT (Network Technology), System NextStep
Jenis data yang diolah : Analog, Digital, Hybrid

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar